TB Bisa Sembuh! (Asal Mau)

By RFR - Mei 04, 2014

Semua penyakit, ada obatnya. Prinsip dasar itu yang selalu saya pegang karena dalam agama saya pun ada hadis yang berkata seperti itu. Bahkan untuk penyakit yang sangat mematikan seperti AIDS pun ada obatnya, hanya saja mungkin ilmuwan belum menemukan obat yang sesuai untuk mengobati penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus itu. Suatu saat, saya yakin penyakit sekaliber AIDS pun akan ditemukan penyembuhnya.

Lalu bagaimana dengan penyakit TB yang merupakan penyakit menular no.1 yang mematikan di Indonesia? Jangan khawatir, teman,  TB bisa sembuh kok. Sekali lagi, TB bisa sembuh. Loh, beneran?

Begini penjelasannya.

Berbeda dengan AIDS, TB sudah ditemukan obat penyembuhnya sejak lama sekali. Ini cuma perkara, mau sembuh atau tidak. Rela "sedikit" berjuang untuk sembuh dan memperoleh kesehatan lagi ATAU tidak mau sembuh dan membiarkan tuberkulosis menggerogoti tubuh kita dari dalam.


Kita sudah tahu kalau penyebab penyakit TB alias tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang berasal dari luar tubuh kita. Logikanya sederhana saja, karena bakteri adalah penyebabnya, maka hasil kerjaan bakteri berupa penyakit TB akan musnah alias sembuh asalkan bakteri penyebab tuberkulosis itu mati dan hilang dari tubuh kita.

Ringkasnya, babat habis bakteri tuberkulosis maka kesembuhan pun akan datang. Nah! Obat-obatan TB prinsip utamanya ya seperti itu. Untuk membunuh bakteri penyebab TB.

Tapi ibarat perang melawan zombie, TB adalah zombie-zombie mini yang lumayan bandel dibasmi. Artinya obat-obatan TB butuh waktu lama untuk memenangkan pertempuran antara kesakitan dan kesehatan. Kurang-lebih butuh waktu 6 bulan. Ya, wajar, karena peperangan ini termasuk peperangan dahsyat maka butuh waktu lebih panjang untuk menang!

Diambil dari http://humansvszombies.org/rules dan sedikit dimodifikasi
Oleh karena itu, berikanlah kesempatan bagi para prajurit pahlawan perang kita, yaitu obat-obatan TB (seperti Rifampisin, INH, Pirazinamid, vit B) untuk berjuang melawan bakteri-bakteri tuberkulosis itu. Caranya ya dengan meminum "pahlawan-pahlawan" perang tadi dengan rutin selama waktu yang dikatakan dokter. Mudah, kan? Lagi pula banyak kok kisah mantan pasien tuberkulosis yang berhasil sembuh dari TB karena mereka pantang kalah oleh bakteri-bakteri mini penyebab TB. Salah satunya rekan kerja saya.

Jadi, mau sembuh dari TB atau tidak, nih?


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments